Alat Bahasa

6 Mei 2011

Bikin Blog Komunitas atau pengen Posting Bareng di Blogspot

Mungkin udah banyak yang tau, atau mungkin banyak juga yang belum tau, kalo di blogspot kita bisa posting bareng dalam 1 blog. Fasilitas ini bisa kamu pake kalo kamu pengen bikin blog komunitas atau pengen di bantuin nge-blog ama temen kamu. yang utama adalah kamu dan yang akan kamu invite harus udah punya account di blogger (google account).
Caranya:
  • Login ke account blogger kamu, di dashboard, pilih blog yang kamu inginkan. Klik link Setting.
  • Setelah masuk ke tab Setting, klik sub menu Permission.
  • Klik tombol ADD AUTHORS, masukkan email temen yang akan kamu invite untuk posting di blog kamu.
  • Kalo yang pengen di invite banyak, masukkan email temen-temen kamu sekaligus dipisahkan dengan tanda koma (,)
  • Temen yang kamu invite akan segera mendapatkan email yang berisi invite untuk posting di blog kamu

Untuk penerima email invite: untuk mengaktifkan, klik link yang ada di dalam email invite tersebut, kemudian login dengan email username dan password blogger (google account), otomatis blog kamu akan muncul di dashboard temen yang yang kamu invite, dan bisa langsung mulai posting di blog kamu tersebut.
Tips:
Bikin Blog Komunitas Secara default, temen yang kamu invite memiliki status sebagai guess, dan hanya mempunyai wewenang untuk posting, edit dan menghapus apa yang dia posting aja. Pengaturan lain seperti mengubah template dan setting hanya bisa dilakukan oleh Author dengan status Admin.
Untuk mengangkat seseorang ke status admin, klik link Guest yang terdapat di sebelah email masing-masing author, maka secara otomatis dia akan berubah status menjadi admin dan memiliki wewenang terhadap pengaturan blog, termasuk untuk menghapus kamu sebagai Admin, jadi hati-hati kalo ngankat temen kamu jadi Admin, karena dia bisa mengahpus kamu sebagai Admin dan mengambil alih blog kamu. Otomatis juga kamu akan kehilangan blog !
Berikut ini contoh blog komunitas dengan beberapa orang kontributor: http://alumniyes.blogspot.com/
Selamat mencoba!.


Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar